Pelopor Geografi Di Dunia



Pelopor Geografi Dunia Geograf Yunani Alam Semesta Astronomi Ilmu Pengetahuan Tokoh Fenomena Alam Antariksa Jarak Bumi MAtahari Bulan Bintang Sosial


Geografi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang berbagai fenomena yang ada di alam semesta serta gejala-gejalanya.Keinginan manusia untuk memenuhi kebutuhan inilah yang mendorong manusia untuk mempelajari alam dan seisinya. Kebutuhan manusia yang begitu banyaknya tidak cukup dipenuhi dalam satu tempat saja. Mereka harus ke tempat lain untuk memenuhi kebutuhannya. Sejak itulah mereka secara tidak langsung menggunakan ilmu yang diberi nama geografi. Jaman sudah mulai berkembang dan akal pikiran manusia semakin maju.
Dari situlah banyak muncul pelopor ilmu geografi. Tapi tahukah Anda siapa saja pelopor geografi dunia. Mereka semua adalah orang-orang Yunani yang juga dengan negara yang menerapkan demokrasi pertama kali sepanjang sejarah. Agar lebih jelas, kita simak keterangan berikut.

1. Thales (640-546 SM)
Thales adalah geograf pertama yang berasal dari Yunani yang telah menyibukkan dirinya dengan berbagai penelitian dan menggali informasi-informasi geografi dengan melakukan perjalanan ke berbagai tempat.
2. Herodotus (485-425 SM)
Mengikuti langkah yang dilakukan oleh Thales, dia melakukan perjalanan ke daerah timur tengah dan telah berhasil membuat laporan geografi sekitar wilayah timur tengah.
3. Pytheas
Dialah yang telah melakukan pengukuran jarak matahari terhadap bumi yang kemudian diikuti oleh seluruh astronom di dunia.
4. Eratosthenes (276-194 SM)
Seorang geograf asal Yunani yang pertama kali mengemukakan pengertian geografi dalam bukunya yang berjudul “Geographica“. dalam bukunya yang terdiri dari tiga jilid tersebut, dia menulis tentang gambaran permukaan bumi, sejarah dan konsep utama geografi. Eratostheles berpendapat bahwa bumi itu bulat dan dia telah melakukan pengukuran terhadap keliling bumi yang nyaris benar dengan keliling bumi sebenarnya.





Keliling Bumi Eratosthenes = 24,650 mil
Keliling Bumi sebenarnya = 24, 875 mil

Untuk ukuran jaman dan teknologi, ukuran yang nyaris sama hanya berselisih kurang dari 1 % itu sudah termasuk kategori yang menakjubkan.




Share your views...

0 Respones to "Pelopor Geografi Di Dunia"

Posting Komentar

 

© 2013 SEMUA ILMU ADA All Rights Reserved. Powered by Blogger