Kopi Single Origin



Di dunia kopi kata single origin sebenarnya bukan istilah yang asing lagi di era third wave sekarang, namun faktanya tidak semua penggemar kopi ternyata benar-benar mengerti istilah ini. Sebuah analogi yang umum terjadi juga seperti ini: seandainya kita menyajikan 8 cangkir kopi manual brew berbeda di atas meja yang sama, lalu disajikan kepada mereka yang belum mengenal kopi, barangkali mereka akan menganggap semua kopi di meja itu sama. mereka akan bertanya “itu beneran kopi ya? Kok warnanya nggak hitam?”. Lol. Tapi coba misalnya, kopi itu diberikan kepada mereka yang sudah terbiasa dengan manual brew, tentu persepsinya akan berbeda. Setiap cangkirnya akan terasa tak sama meski warnanya serupa. Kenapa bisa seperti gitu? karena itulah keajaiban (kopi) single origin yang sedang kita bicarakan.
Penjelasannya, single origin adalah asal mula atau sumber pertama tempat kopi itu berasal. Umumnya, single origin selalu mengacu kepada satu wilayah, tempat, atau daerah spesifik dan tak bisa direkayasa.
Sementara kebalikan dari single origin adalah (kopi) blend yang juga banyak digemari. Kopi blend adalah jenis yang mengombinasikan biji kopi dari berbagai area berbeda untuk mendapatkan citarasa yang diinginkan. Misalnya, katakan saja ada peminum kopi yang tidak suka karakter yang terlalu bitter tapi juga tak terlalu doyan rasa yang ringan dan fruity, maka pilihan yang dirasa cocok adalah dengan mencampurkan kopi Gayo dengan Java. hmmmmm Paham Friend ?




Share your views...

0 Respones to "Kopi Single Origin "

Posting Komentar

 

© 2013 SEMUA ILMU ADA All Rights Reserved. Powered by Blogger