SOFTWARE PENGOLAH DATABASE (MS Access)
Database
adalah kumpulan informasi yang terkait pada subyek atau tujuan tertentu,
misalnya pelacakan urutan pelanggan atau pengelolaan koleksi musik. Bila
database tidak disimpan dalam komputer, atau hanya sebagian yang disimpan dalam
komputer, kita harus melacak informasi dari berbagai sumber yang harus kita
koordinasikan dan kita kelola tersendiri. Sebagai contoh, nomor telepon pemasok
bahan baku disimpan dalam berbagai tempat, pada kartu yang berisi nomor
telepon, dalam informasi produk dalam filing cabinet, dan dalam
tabel/spreadsheet yang berisi informasi pesanan. Bila nomor telepon pemasok
tersebut berubah, maka kita harus merubah data pada semua file tersebut. Namun
di dalam database, kita hanya perlu merubah data pada satu tempat – nomor
telepon pemasok secara otomatis diupdate
di mana pun kita menggunakannya dalam database.
Program/software pengolah database
antara lain: DBASE, FoxBase, FoxPro, MySQL, dan MS Access. Di dalam MS Access,
kita dapat mengelola semua informasi dari satu file database. Dalam satu file
tersebut dapat digunakan:
- Tabel untuk menyimpan data,
- Query: untuk mencari dan memanggil
hanya data yang kita inginkan,
- Form: untuk melihat, menambah, dan mengupdate data dalam tabel
- Report: untuk menganalisa atau mencetak
data dengan tata letak khusus,
- Data access page: untuk melihat,
mengupdate, atau menganalisa data dari internet atau intranet.
Gambar
1. Tampilan database File manager pada MS Access
Data
dalam database tersusun dalam struktur field dan record. Dalam tabel database,
field berada pada kolom, sedang record adalah data baris. Atau dapat dikatakan
suatu record (misalnya seorang mahasiswa) mempunyai informasi mengenai dirinya
dalam filed-field (misalnya: nama, alamat, no. mhs, tgl lahir). Karena database
merupakan data yang terstruktur, maka sebelum mengisikan data struktur tersebut
harus disusun terlebih dahulu, yakni dalam design
table.
1.
Pembuatan dan pengisian tabel data
Untuk
melakukan pembuatan tabel, pilih pilihan Table seperti gambar 1, kemudian pilih
‘Create Table in Design View’ isikan
struktur field sesuai kebutuhan seperti gambar 2.
Gambar
2. Form penyusunan struktur data (format, ukuran, jenis field)
Setelah
pengisian struktur selesai, kita dapat mengisi data record dalam format tabel
seperti pada MS Excel.
2.
Pembuatan Form
Form
(borang) digunakan untuk mempermudah pengisian data, juga merupakan alternatif
pengisian selain dg bentuk tabel. Cara pembuatan, dari file manager Gb. 1 klik
pilihan Forms. Bila kita sudahmempunyai tabela, akan lebih mudah membuat form
dg bantuan program, yakni dengan ‘Create
Form Using Wizard’. Dengan cara ini kita tinggal mengikuti panduan program,
seperti gb. 3. langkah berikutnya ikuti dengan pilih ‘Next’. Langkahnya:
- pilih
tabel/query yang fieldnya akan digunakan dalam form
- pilh
field2 yang akan dimunculkan dalam form
- pilih
layout (clomnar, tabular, datasheet, dsb)
- pilih
style (standard, blends, blueprint, dsb)
- Beri
judul, dan tentukan apakah bentuk akan dirubah lagi (modify design) atau
langsung selesai dan mengisi data.
- Form
siap digunakan. Jika kembali ke file manager, untuk memanggil form tinggal
pilih namanya lalu klik doble (atau pilih Open).
Gambar
3. Satu tahap pembuatan Form (dengan Wizard)
3. Pembuatan Query
Sesuai dengan kegunaannya, query dibuat dengan memilih
field yang akan ditampilkan/diolah dan persyaratan field-field tsb. Langkah
dengan wizard:
- Pilih
Query pada file manager
- Pilih
‘Create query using wizard’
- Pilih
Tabel yang akan diambil fieldnya (seperti pada pembuatan form). Dimungkinkan
untuk mengambil field2 dari beberapa tabel. Dengan pilih satu tabel lalu pilih
field2nya, lalu pilih tabel berikutnya – kembali pilih field2 diinginkan,
demikian seterusnya.
- Langkah
terakhir dlm wizard memilih apakah langsung dilihat/buka hasilnya atau dirubah.
Bila pilihan dirubah (Modify the query
design) maka akan terlihat seperti gb 4.
- Di
masing-masing field bisa kita tentukan : mengenai sortasi (ascending,
descending, dsb), show (tampil atau tidak), kriteria (persyaratan, mis. no
bernilai > 5, maka isikan kriteria >5 pada field ‘no’)
- Tutup
dan simpan, query dapat digunakan/dibuka dari file manager dengan pilih nama
query lalu klik doble ( atau pilihan open). Utk merubah lagi pilih ikon Modify.
Gambar 4. Menu untuk
merubah/modifikasi query lebih rinci
4. Menghubungkan 2 tabel
atau lebih (Relationship)
Relationship (kaitan) antar tabel
meruakan kunci keunggulan database. Di antara 2 tabel yang akan dikaitkan harus
mempunyai field kunci yang memiliki ukuran dan jenis sama, misalnya antara data
identitas maahsiswa dengan nilai mahasiswa dikaitkan dengan field no.mhs.
Langkah menghubungkan 2 tabel :
-
Pilih ikon relationship di toolbar standar
(lihat gb. 5)
-
Tambahkan tabel yg akan dikaitkan dengan
memilih ikon show tabel, lalu pilih tabel dinginkan, lalu ‘Add’
-
Hasilnya
seperti gb 5.b
Gambar 5 a. Toolbar utk
memilih relationship
-
Klik pada field kunci di satu tabel, dengan tetap menahan mouse, tarik ke tabel
sasaran, sehingga tampak seperti gb 5 c. Setelah tampak hubungan field ke
field, pilih ‘Create’. Kedua tabel terhubung dan data yang ada di dalamnya bisa
saling terkait. Seperti contoh pd data mhs, utk mengisi data nilai cukup merubah
tabel nilai saja, tabel identitas mhs tetap,namunkedua data bisa
ditampilkan.diolah bersama.
Gambar 5 b. Layar untuk
relationship
Gambar 5 c. Menu
Relationship.
5. Pembuatan Report
(Laporan)
Report adalah keluaran dari database, tampilan/print out
harus ditata layoutnya terlebih dahulu. Langkah yang mudah adalah dengan
wizard:
- Pada
file manager pilih REPORT
- Pilih
‘Create report using wizard’
- Pilih
tabel/query yang akan di ‘laporkan’
- Pilih
field yang akan ditampilkan dalam report
- Pilihan
apakah dilakukan ‘grouping’ data atau tidak (gb 6 a)
- Pilihan
apakah akan dilakukan sistem pengurutan data tertentu (gb 6 b)
- Pilihan
layout (columnar. Tabular, dsb) dan orientasi (landscape atau portrait)
- Pilihan
style (bold, casual, corporate, dsb)
- Pemberian
judul dan pilihan apakah langsung selesai (format menurut baku ) atau akan dimodifikasi. Bila akan
dimodifikasi tampak tampilan seperti gb 6 c. Letak field, nama, garis, dsb bisa
dirubah. Demikian juga bisa ditambahkan teks, gambar, dsb. Dengan bantuan
toolbar modifikasi report .
- Setelah
selesai dan tersimpan, report bisa ditampilkan/dibuka dengan dobel klik nama
report di file manager atau pilihan Open. Untuk merubah isi/format report pilih
ikon ‘Modify’
Gambar
6 a. Pilihan ‘grouping’ pada report wizard
Gambar
6 b. Pilihan ‘sort order’ pada report wizard
Gambar
6 c. Modifikasi report.
Gambar
6 d. Contoh tampilan Report setelah dimodifikasi.
Tags: Komputer, Pendidikan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Share your views...
0 Respones to "SOFTWARE PENGOLAH DATABASE (MS Access)"
Posting Komentar