SOFTWARE PENGOLAH ANGKA (MS Excel)




Di dalam pengolahan data angka , peran formula dan fungsi sangat penting, karena dengan fasilitas-fasilitas tersebut analisis-analisis dan perhitungan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. Selain dalam bentuk tabel, penampilan data dapat dan baik dengan grafik. Sajian grafik sudah dapat menerangkan banyak hal tentang data, seperti kecenderungan, pembandingan, dsb.
1.    Perhitungan Sederhana:
Yang termasuk dalam perhitungan sederhana adalah penjumlahan, penghitungan rerata, pencarian nilai Maksimum/minimum, dan cacah data. Perintah untuk menjumlah adalah dengan klik pada tanda sigma (å) pada toolbar, kemudian tentukan blok data yang akan dijumlahkan. Sedang untuk rerata, max/min, dan cacah data, klik tanda panah di samping å dan pilih perintah yg diinginkan. Lihat gb.1.
Gambar 1. Menu perhitungan sederhana

2.    Fungsi lain
-   COUNTIF: digunakan utk megetahui cacah data dengan syarat tertentu.
Prosedur: tempatkan kursor pd sel yang akan diisikan hasil perhitungan, pilih Menu Insert – Function . pilih kategori Statisical – pilih Countif. Lalu isikan Range dan kriterianya . Lihat gbr 2.
Format: COUNTIF (range; kriteria)
-   SUMIF: menjumlah rangkaian data dengan kriteria tertentu. Prosedur dan format hampir sama dg countif


Gambar 2. Dailog box pengisian Range & kriteria fungsi COUNTIF.

-   IF: perintah logika/ bersyarat. Mengisi suatu sel dengan syarat tertentu. Misalnya diinginkan mengisi suatu sel dengan nilai A bila skore di sel sebelahnya bernilai >= 80, dan diisi B jika sel tsb bernilai < 80.
Format: IF(kriteria logika/syarat;nilai jika benar;nilai jika salah).
Prosedur: Tuliskan langsung formula/fungsi di command line, atau menu Insert – Function – Kategori : Most Recently Used – pilih IF. Kemudian isikan dialog box dg Logical test (Syarat), value if true (nilai jika benar), dan value if false (nilai jika salah). Lihat gb.3
Gambar 3. Contoh hasil perhitungan menggunakan fungsi IF

-   SIN/COS/TAN: memberikan nilai sinus, cosinus, tangen suatu data  sudut.
-   VLOOKUP: mencari/menampilkan pada tabel lain berdasarkan data kunci dan hitungan urutan kolom (secara vertikal). Jadi pasangan data kunci ada pada kolom yg lain diselahkanannya.
Format: VLOOKUP(syarat/nilai kunci;range tabel;urutan kolom).
Prosedur: Tuliskan langsung formula/fungsi di comannd line, atau menu Insert – Function – Kategori Lookup&Reference – pilih VLOOKUP. Kemudian isikan dialog box dg Lookup value(nilai kunci), table array (range tabel berisi data yg dicari), dan col index number(no urut kolom dimaksud).. Misalnya pada gb 4. terlihat dialog box utk menjalankan VLOOKUP dengan meminta data pada tabel J113:N117 dengan data kunci 3  (= data yg berpasangan pd. Nilai 3), pd kolom ke-3. Hasil pencarian diperlihatkan pada bagian bawah dilog box.

-   HLOOKUP: mencari/menampilkan pada tabel lain berdasarkan data kunci pada baris dan hitungan urutan baris (secara horisontal). Jadi pasangan data kunci ada pada baris  yg lain( dibawahnya).
Format: HLOOKUP(syarat/nilai kunci;range tabel;urutan kolom).
Prosedur: Tuliskan langsung formula/fungsi di comannd line, atau menu Insert – Function – Kategori Lookup&Reference – pilih HLOOKUP. Kemudian isikan dialog box dg Lookup value(nilai kunci), table array (range tabel berisi data yg dicari), dan row  index number(no urut kolom dimaksud).

Gambar 4. Kotak dialog utk fungsi VLOOKUP.

3.    Grafik
Grafik merupakan bentuk tampilan data yang efektif.Terdapat banyak jenis grafik yang dapat dibuat dalam Excel, seperti grafik batang/column, garis/line, dan lingkaran/pie. Secara umum dapat dikelompokkan penggunaan grafik menurut jenisnya adalah;
-       grafik batang utk menampilkan data yang tidak terkait dalam time series tertentu, antar data berdiri sendiri-sendiri, misalnya data produksi kebun sawit di seluruh propinsi di Sumatera.
-       Grafik garis/line: bila data saling berhubungan dalam time series, antar data ada keterkaitan, misalnya produksi sawit di Riau dari tahun 1980 – 2000.
-       Grafik lingkaran/pie: bila ingin digambarkan proporsi masing-masing data terhadap jumlah keseluruhan, misalnya jumlah produksi CPO masing-masing propinsi di Indonesia, dalam kontribusinya utk produksi nasional.
Prosedur umum pembuatan grafik adalah memberikan perintah dengan ikon Chart Wizard atau dengan Menu Insert - Chart. Langkah berikutnya mengikuti wizard, yakni dengan menentukan jenis grafik (gb.5), lalu Next dan mengisi seri data yang dikehendaki (gb.6). Setelah seri data (bisa lebih dari 1)dan nilai lain lengkap, klik Next akan masuk ke form pemberian title/judul, baik judul grafik maupun sumbu X, dan Y. Langkah selesai dengan penentua apakah grafik disimpan sebagai obyek atau sheet baru dlam workbook/file .

Gambar 5. Pemilihan jenis grafik
Gambar 6. Pemberian nama, nilai seri data, data utk sumbu X.

Langkah yang hampir sama jika diinginkan membuat grafik lingkaran/pie (gb. 7) atau grafik garis (gb 8)

Gambar 7. Pengisian data utk grafik Pie


Gambar 8a. Dialog box pengisian data grafik garis

Gambar 8b.  Dialog box pengisian Judul grafik garis


Pada grafik garis dapat diberikan garis persamaan kecenderungan (trendline), dengan cara klik pada garis grafik, kemudian klik kanan sehingga keluar menu short-cut. Pilih Add trendline. Pada menu trendline dapat ditentukan option2 misalnya persamaan dan R2 ditampilkan pada grafik.




Share your views...

2 Respones to "SOFTWARE PENGOLAH ANGKA (MS Excel)"

Unknown mengatakan...

artikel yang sangat menarik sekali sampai menarik perhatian para pengunjung dan pembaca gan
bandar togel

Unknown mengatakan...

KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor yang AKI
beri 4 angka [7978] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus .
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu KI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka PASANG NOMOR
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA,,di no (((085-321-606-847)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang NOMOR 750 JUTA , wassalam.

Posting Komentar

 

© 2013 SEMUA ILMU ADA All Rights Reserved. Powered by Blogger